Friday, July 27, 2007

SEMINAR TERBATAS IDEALISASI PROGRAM DOKTOR STUDI ISLAM DI UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), akan menyelenggarakan Seminar Terbatas Idealisasi Program Doktor Studi Islam Konsorsium Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia pada Sabtu 28 Juli 2007 di ruang Mini Theater Kampus Terpadu UMY. Program Doktor Studi Islam Konsorsium Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia di UMY telah berdiri sejak 1 januari 2007, berdasarkan pada surat keputusan direktur jenderal pendidikan islam departemen agama RI No. Dj.II/451/2006. Program ini merupakan satu-satunya program doktor yang saat ini dimiliki oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.
Drs. H. Ratno Lukito, MA.,Ph.D (Sekretaris Program Doktor UMY), saat ditemui Jum’at (27/07) mengatakan bahwa program ini diharapkan dapat menjadi program doktor unggulan dalam bidang kajian Islam di tanah air, yang direfleksikan dengan kemampuannya untuk mencetak para alumnus yang dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan tenaga ahli dan cendekiawan Islam di Indonesia.
Ratno menambahkan, diadakannya forum ilmiah dengan bentuk seminar terbatas yang akan menghadirkan keynote speech, Prof. Dr. H. M. Amien Rais ini,merupakan salah satu upaya untuk dapat mencapai tujuan utama dari penyelenggaraan program doktor di UMY. Seminar ini dihadiri oleh para ahli dan cendekiawan tingkat nasinal yang dimiliki oleh Muhammadiyah, pimpinan majelis pendidikan tinggi, penelitian dan pengembangan, pimpinan pusat muhammadiyah serta pengurus program doktor perguruan tinggi se-Jawa. Acara ini, menurut Ratno bertujuan untuk menghimpun berbagai pemikiran tentang idealisasi program doktor studi Islam dan perguruan Tinggi Muhammadiyah, khususnya pemikiran dan ide-ide yang berasal dari para cendekiawan yang selama ini dimiliki oleh organisasi Muhammadiyah di tanah air. “Selain itu juga untuk mencari rumusan yang mampu mengintegrasikan kemampuan intelektual melalui proses saintifikasi Islam atas dasar nilai-nilai Islam budaya bangsa manajemen modern sains dan teknologi”katanya.
Adanya forum ini, ungkap Ratno diharapkan dapat memberikan masukan tentang konsep arah dan tujuan yang matang dari program ini untuk dapat dikemukakan dan didiskusikan. Sehingga hal tersebut selanjutnya bisa dijadikan sebagai bahan acuan penyelenggaraan program doktor pada program pasca sarjana UMY.
Nara sumber yang akan hadir dalam seminar ini antaralain adalah Prof. Dr. Syafi’i Ma’arif, serta Prof. Dr. H.M Amin Abdullah yang akan membicarakan mengenai idealisasi program doktor studi Islam di Indonesia. Prof. Abdurrahman Mas’oed, Ph.D., dan Prof. Dr. Komarudin Hidayat pada kesempatan tersebut rencananya akan membahas tentang idealisasi program doktor pada perguruan tinggi agama Islam di Indonesia. Sementara itu Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, MEc., dan juga Prof. Dr. Siswanto Masruri , MA . Akan membahas mengenai konsorsium program doktor PTM se Indonesia di UMY.

No comments: