Tuesday, July 17, 2007

DUA MAHASISWA UMY KE AJANG PEKAN ILMIAH MAHASISWA NASIONAL

( Yogyakarta ) Dua mMahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Lampung. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan ajang tahunan bagi mahasiswa dalam adu bidang penalaran, kembali digelar tahun 2007 di Universitas Negeri Lampung (UNILA) mulai 17-22 Juli 2007. Pada kali ke-20 penyelenggaraan PIMNAS tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali lolos seleksi pada bidang Kreatifitas Mahasiswa Penulisan Ilmiah (PKMI).

Dua mahasiswa yang mewakili UMY tersebut adalah Hayati Roisah dan Betaningrum Dwiaryani mahasiswa Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran UMY. Sedangkan judul makalah yang akan dipresentasikan adalah ¡Efek Kemoprefentif Ekstrak Etanolid Biji Jinten Hitam (Nigella Sativa) terhadap Peningkatan Ekspresi P53 pada Kanker Kulit Mencit Terinduksi UV¢. Menurut Pembantu Dekan III FK UMY, dr. Suryanto, Sp.PK., (Senin, 16/07) sebenarnya pada bidang PKMI tersebut UMY mengirimkan empat proposal yang diajukan kepada DIKTI, dan karya Hayati Roisah serta Betaningrum Dwiaryani tersebut dinyatakan lolos mengikuti PIMNAS. Kedua mahasiswa tersebut berangkat pada hari ini Senin, (16/07), didampingi oleh Husni Amriyanto Putra (Pembantu Rektor III) serta dr. Suryanto, Sp.PK. (Dekan III FK UMY).

Pada PIMNAS dengan mengangkat tema ¡Tingkatkan Prestasi untuk Daya Saing Bangsa¢ tersebut, masih menurut Suryanto, menggelar lima Lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan program dari Direktorat PKPPM Ditjen DIKTI yaitu: PKM Penelitian (PKMP), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), PKM Penulisan Ilmiah (PKMI). Masih menurut Suryanto, keseluruhan lomba PKM termasuk PKMI tersebut tepatnya akan diselenggarakan pada tanggal 19-20 Juli 2007, di Fakultas Teknik UNILA, dengan melibatkan sekitar 750 peserta. PIMNAS merupakan kegiatan puncak di bidang penalaran, terjadwal secara akademik dan diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional untuk pertguruan tinggi seluruh Indonesia . Hal ini ditujukkan untuk meningkatkan kreatifitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), kemampuan komunikasi ilmiah mahasiswa dan membudayakan iklim kompetitif di lingkungan perguruan tinggi. Kegiatan utama PIMNAS adalah presentasi hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Technological And Professional Skills Development Sector Project (TPSDP). ( Santos )

No comments: