Thursday, July 12, 2007

PEMPROP DIY KEMBANGKAN TRANSPORTASI TREM DAN MONORAIL

Pemprop DIY saat ini sedang menjajagi pengembangan tranportasi alternative seperti monorail dan trem, Sebab untuk melakukan pengembangan jalan darat di Yogyakarta sudah tidak memungkinkan. Demikian dikatakan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan hari ini.

Lebih lanjut Gubernur DIY mengatakan dengan adanya Undang – undang perkereta apian yang baru dimana daerah dapat mengembangkan potensi perkereta apian di wilayahnya sendiri, maka pemprop DIY saat ini tengah menjajagi kemungkinan pengembangan transportasi Kereta api di DIY yang lebih luas hingga ke tempat – tempat wisata.

Sultan menambahkan, pihaknya pernah bekerja sama dengan Austria untuk melakukan studi kelayakan tentang system transportasi kereta api di kota, kemudian studi awal antara Ceko dengan Australia dan pemda DIY masih tentang pengembangan transportasi kereta api di dalam kota. Saat ini sedang dikaji, apakah menghidupkan jalur kereta api yang dulu pernah ada dapat digunakan hingga ke tempat – tempat wisata seperti Parang tritis dan lain sebagainya.

“ dulu khan ada jalur kereta api dari Yogyakarta ke parakan, wonosobo, magelang dan borobudur. Jalurnya masih ada hanya ditutup”

Atau menggunakan transportasi alternative seperti trem atau monorail, sebab untuk melakukan pengembangan jalan darat di kota Yogyakarta sudah tidak memungkinkan lagi sehingga perlu ada terobosan system transportasi alternative.


“Transportasi di kota Yogyakarta makin padat, kemungkinan terjadinya kecelakaan makin tinggi. Maka diperlukan angkutan alternative yang lebih aman dan diharapkan krodit jalan makin berkurang” ( Santos )

No comments: