Thursday, July 26, 2007

PROYEK BRIBIN SELESAI TAHUN 2008

( Yogyakarta ) Pembangunan proyek sumber air bersih dari sungai bawah tanah Bribin direncanakan selesai tahun 2008. Diharapkan dengan selesainya proyek tersebut dapat membantu mengatasi krisis air bersih yang selama ini melanda sebagian wilayah Gunung Kidul setiap tahun. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemukiman dan prasarana wilayah Propinsi DIY Bayudono.

Lebih lanjut Bayudono mengemukakan pada tahun 2008 diharapkan sudah dapat dilakukan uji coba untuk menaikkan air bersih dari sungai bawah tanah di goa Bribin. Sebenarnya proyek bribin tersebut ditargetkan selesai tahun 2006 lalu, namun karena banyaknya kendala dan terjadinya gempa 27 Mei 2006 lalu, proyeknya molor.

" Banyak kendala yang kami hadapi dalam pengerjaan proyek tersebut, apalagi akibat terjadinya gempa kemarin mengentikan proyek tersebut cukup lama" jelas Bayudono

Akibat Gempa 27 Mei 2006, sebuah batu besar runtuh dan menyumbat arus sungai bawah tanah di Bribin sehingga dilakukan upaya untuk menyingkirkan batu besar tersebut. Kini batu besar tersebut telah berhasil disingkirkan dengan jalan dihancurkan melalu peledakan. Mulai bulan ini pembangunan pryek Bribin kembali berjalan.

" Saat ini kami tengah membuat bendungan di sungai bawah tanah untuk menggerakkan turbin sebagai pembangkitbtenaga listrik. Listrik tersebut sebagai energi untuk mengoperasikan poma air untuk mengangkat air dari sungai bawah tanah" kata Bayudono. ( Santos )

No comments: