Monday, July 30, 2007

JADWAL KERETA API BERUBAH PER 1 AGUSTUS 2007

YOGYAKARTA- PT Kereta Api memberlakukan jadwal baru untuk pemberangkatan dan kedatangan kereta api (KA) yang mulai berlaku 1 Agustus 2007 besok. Dalam jadwal perjalanan baru itu, beberapa kereta api dimajukan atau dimundurkan beberapa menit dalam pemberangkatannya.

"Perubahan jadwal perjalanan ini untuk peningkatan pelayanan. Setelah beberapa jalur ganda selesai dibangun dan siap digunakan, maka proses persilangan kereta yang biasanya harus berhenti salah satu, sekarang tidak perlu lagi. Untuk itu jadwal perjalanan perlu diubah," kata Kepala Humas Daerah Operasi VI Yogyakarta, Mochtadi, Senin (30/7).

Dijelaskan, tidak semua kereta api mengalami perubahan jadwal pemberangkatan. Namun sebagian besar, kata dia, memang berubah baik dimajukan ataupun diundur beberapa menit.Untuk KA dari stasiun Tugu Yogyakarta tujuan Jakarta, misalnya, ada beberapa yang berubah. KA eksekutif Taksaka Pagi yang biasanya berangkat pukul 09.30, kata Mochtadi, mulai 1 Agustus nanti berubah menjadi berangkat pukul 10.00. Sedang KA bisnis Senja Utama Yogya yang biasanya berangkat pukul 18.30 dimajukan menjadi pukul 18.15.

Sementara untuk tujuan Bandung, kata dia, KA Lodaya Pagi yang biasanya berangkat pukul 09.58, dimajukan menjadi pukul 09.30. KA Lodaya Malam yang biasanya berangkat pukul 21.14 menjadi pukul 21.30 WIB. Untuk melakukan penghematan, kata Mochtadi, mulai 1 Agustus nanti PT Kereta Api akan merasionaliasi KA yang tidak produktif. KA Jayabaya Selatan jurusan Surabaya-Jakarta melalui Yogyakarta dan Purwokerto, kata Mochtadi, tidak lagi dioperasikan. "Jadwal perjalanan baru kereta api ini sudah disahkan lewat Keputusan Dirjen Perkeretaapin. Sehingga mulai 1 Agustus 2007 nanti, jadwal lama yang berlaku sejak 17 Februari 2006 tidak dipakai lagi," kata Mochtadi.( Santos )

No comments: