Thursday, July 26, 2007

GELOMBANG LAUT TINGGI, NELAYAN PANTAI DEPOK PARANGTRITIS TIDAK MELAUT

(Yogyakarta ) Akibat gelombang laut selatan Yogyakarta tinggi, para Nelayan di Pantai Depok Parangtritis sejak hari Rabu kemarin tidak melaut. Tingginya Gelombang mengakibatkan para nelayan mengalami kesulitan ketika akan turun melaut. Perahu mereka kesulitan menembus ombak yang begitu besar. Demikian dikatakan Taufik Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis.

" sebenarnya Para Nelayan Pantai Depok Parangtritis mencoba untuk turun melaut, namun perahu mereka yang ukurannya kecil sehingga sulit menembus gelombang yang cuku tinggi tersebut. Kalau sudah di tengah laut, nggak begitu besar mas" ujar Taufik

Sedangkan pada hari Minggu hingga Selasa, para Nelayan tetap melaut tetapi hasil tangkapannya tidak begitu banyak. Oleh karena itu Para Nelayan memutuskan untuk tidak melaut, selain karena ombak yang besar juga hasil tangkapannya sedikit.

Sementara itu untuk hari Jumat 27 Juli 2007, Semua Nelayan di Panai Depok dipastikan tidak melaut karena hari Jumat kliwon. Sesuai tradisi para Nelayan di Pantai Depok Parangtritis, setiap Hari Selasa kliwon dan Jumat Kliwon mereka tidak Melaut.

" Pada Hari jumat kliwon dan selasa kliwon Nelayan pantai selatan bantul biasanya idak melaut mas " jelas Taufik.

Taufik menambahkan mulai hari Kamis 26 Juli gelombang laut di selatan Bantul Yogyakarta sudah mulai mereda tidak setinggi Hari Rabu kemarin. ( Santos )

No comments: