Sunday, July 8, 2007

DALAM PENANGANAN BENCANA, ASPEK SOSIAL EKONOMI KURANG DIPERHATIKAN

( Yogyakarta ) Penanganan bencana skala besar di Indonesia selama ini kurang memperhatikan strategi jangka panjang dan terlalu focus pada pembangunan Fisik dan kurang memperhatikan aspek social ekonomi. Demikian dikatakan Budhi Cahyati Direktur Eksekutif Senior Urban and Regional Development Institute ( URDI ) Sebuah lembaga riset independent bidang pembangunan perkotaan di Indonesia, usai Pembukaan Seminar Internasional bertajuk Rekonstruksi & Rehabilitasi pasca bencana serta kesiapan menghadapi bencana yang berlangsung di Yogyakarta hari ini.

Lebih lanjut Budhi Cahyati mengungkapkan dalam program rekonstruksi perlu dipikirkan efektifitas dan kelanjutan program agar komunitas yang terkena dampak dapat kembali dalam kondisi sebelum bencana dan masyarakat lebih responsive terhadap bencana di kemudian hari.

Dalam beberapa tahun terakhir ini Indonesia dilanda bencana – bencana berskala besar yang menyedot perhatian dunia internasional, seperti tsunami di aceh dan Sumatra utara kemudian gempa bumi di Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa Negara Indonesia berada di daerah rawan bencana.

“ kita berada di dalam suatu ring of fire, dimana negara kita dikelilingi berbagai macam bencana, sehingga perlu disiapkan bagaimana cara menangani bancana” ujar Budhi Cahyati usai Pembukaan Seminar Internasional bertajuk Rekonstruksi & Rehabilitasi pasca bencana serta kesiapan menghadapi bencana yang berlangsung di Yogyakarta hari ini. ( santos )

No comments: