Thursday, July 19, 2007

HUT KOTA YOGYAKARTA, GELAR LOMBA FOTO PARIWISATA 2007

Dalam rangka menyambut HUT ke – 251 Kota Yogyakarta Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan Lomba Foto dengan tema Pariwisata. Pelaksanaan lomba rencananya akan dibagi dalam beberapa tahap. Tahap awal adalah pengumpulan foto yang dimulai 17 Juli hingga 15 September 2007. Tahap penjurian dimulai tanggal 20 September 2007 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba usai penjurian. Sedangkan tanggal 5-7 Oktober 2007 akan digelar pameran foto foto dan pembagian hadiah pemenang lomba.Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota yogyakarta, H. Hadi Muhtar, SE,MM menjelaskan Lomba foto pariwisata Kota Yogyakarta tahun 2007 yang bertemakan "Jogja Dalam Lensa – Jogjaku Bersih Kotaku Asri " bertujuan mendokumentasikan segala aktivitas dan potensi pariwisata Yogyakarta dalam karya fotografi, mendorong kreativitas seniman foto untuk mengabadikan potensi pariwisata Yogyakarta dari setiap sudut dan sisi, serta menjadikan karya foto sebagai bahan promosi dan informasi pariwisata Kota Yogyakarta.

Hadi Muhtar berharap kegiatan Lomba foto ini mampu menampilkan citra yang bagus dan benar tentang kondisi kepariwistaan di Kota Yogyakarta dan foto-foto hasil lomba dapat dipakai sebagai bahan pemasaran dan promosi pariwisata. "Lomba foto yang memiliki ketentuan akan lokasi pemotretan dan obyek pemotretan di Kota Yogyakarta diharapkan banyak orang akan berkunjung ke kota Yogyakarta , mengunjungi tempat – tempat pariwisata Yogyakarta. Selain itu, dengan melihat kota Yogyakarta dari berbagai sisi, para fotografer akan memiliki referensi yang memadai tentang potensi kepariwisataan kota Yogyakarta." ujar Muhtar.

Muhtar menambahkan lomba foto ini memiliki beberapa ketentuan antara lain, peserta terbuka untuk umum baik professional maupun amatir, Panitia dan Dewan Juri tidak diperkenankan mengikuti lomba dan Karya Foto dikirimkan dalam amplop tertutup, dengan tulisan LOMBA FOTO PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2007 yang ditujukan kepada PANITIA LOMBA FOTO PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA, JL Suroto 11 Kotabaru Yogyakarta Kode Pos. 55224.

Ditambahkan, objek foto harus mencerminkan lokasi kota Yogyakarta dan dapat mengambil tema tentang obyek wisata, atraksi wisata, upacara adat, arsitektur yang mencirikan kota Yogyakarta. Peserta tidak dipungut biaya pendafiaran dan bebas mengirimkan karya foto maksimal 10 buah. Karya foto adalah karya pribadi bukan karya orang lain dan belum pernah dipublikasikan di media massa dan belum pernah memenangkan lomba, dibuat tahun 2006 ke atas.Peserta bebas menggunakan segala type kamera baik digital maupun analog. Foto merupakan basil print out di atas kertas ( berwarna atau hitam putih ) ukuran 12 R, sisi terpanjang 40 cm dan minimal 35 cm, sisi pendek mengikuti format yaag dipilih fotografer dan tanpa mounting. Dibalik foto ditempel kertas berisi nama, alamat, keterangan judul, tahun pembuatan, lokasi serta nomor telepon yang bisa dihubungi.Pemenang dan nominator lomba wajib mengirimkan film atau file aslinya. Peserta tidak diperbolehkan memanipulasi foto , olah digital diperbolehkan sebatas burning, dodging, sharpening dan cropping tanpa mengubah nilai dokumentasi dari foto.

Panitia berhak untuk menggunakan foto yang dikirim sebagai publikasi umum. Karya foto yang tidak termasuk pemenang dan nominator dapat diambil kembali paling lambat tanggal 30 Oktober 2007 di Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Yogyakarta, JL Suroto 11 Kotabaru.Panitia menyediakan hadiah Rp. 22 juta dengan rincian Juara I mendapat Thropy, piagam dan uang pembinaan Rp.5 juta, Juara II mendapat Thropy, piagam dan uang pembinaan Rp.4 juta, Juara III mendapat Thropy, piagam dan uang pembinaan Rp. 3 juta. Sedangkan 50 nominator mendapat piagam dan aung pembinaan Rp. 200.000,- ( Santos )

No comments: