Tuesday, July 24, 2007

DEPARTEMEN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KEMBANGKAN DESTINASI PARIWISATA INDONESIA TIMUR

YOGYAKARTA-Destinasi obyek-obyek pariwisata di Indonesia dinilai timpang. Wilayah Indonesia bagian barat lebih maju dibanding perkembangan destinasi pariwisata di Indonesia timur. Bahkan data di departemennya menyebutkan bahwa sekitar 90% destinasi pariwisata di Indonesia ada di 16 destinasi Indonesia Barat seperti Sumatera, Jawa, dan Bali. Demikian dikatakan Sambujo Parikesit Dirjen Pengembangan Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

" 90% destinasi pariwisata kita memang ada di Indonesia bagian barat sementara sisanya di Indonesia timur. Hal ini memunculkan ketimpangan dengan Indonesia timur," tegas Sambujo ketika membuka Sosialisasi Sadar Wisata di Yogyakarta, Rabu (25/7/2007).

Lebih lanjut Sambujo mengatakan dengan kondisi ini Depbudpar akan terus mengembangkan destinasi pariwisata Indonesia timur sehingga akan lebih merata lagi. Sebagai tindak lanjut tahun depan Depbudpar akan mencanangkan tahun Sadar Wisata serta Sapta Pesona.

" Salah satunya kita terus tingkatkan sadar wisata kepada masyarakat di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia mulai sekarang," tambahnya.

Sementara itu untuk proyeksi tahun ini Depbudpar menargetkan untuk jumlah wisatawan asing ke Indonesia mencapai 6 juta wisatawan. Sementara untuk tahun lalu jumlah wisatawan asing yang melakukan kunjungan ke Indonesia baru sekitar 4,8 juta wisatawan.

" Kita targetkan dari tahun ke tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia akan semakin bertambah. Dan untuk tahun ini mudah-mudahan enam juta wisman akan berkunjung ke obyek-obyek wisata di Indonesia ini," Tambah Sambujo Parikesit. ( santos )

No comments: