Saturday, June 30, 2007

NERS ANGKATAN IX UMY DI SUMPAH

( Yogyakarta) Menjadi seorang Ners merupakan salah satu profesi mulia yang akan banyak berhubungan dengan berbagai karakter manusia, sehingga diharapkan seorang Ners dapat membawakan diri dengan baik dimanapun mereka berada. Ners merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan, terutama pengabdiannya dalam memberikan sumbangan besar bagi bangsa dan umat khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Dr. H. Khoiruddin Bashori, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada acara pengambilan Sumpah Ners PSIK FK UMY Angkatan IX, di Kampus Terpadu UMY, Sabtu (30/06).
Kali ini PSIK UMY, menyandangkan gelar Ners kepada 15 orang Ners, yang terdiri dari 12 Ners Wanita dan 3 Ners Laki- Laki. Arif Riyanto, S.Kep., Ns dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,23 menjadi Ners terbaik angkatan ini. Gelar ini akan disandangkan pada mahasiswa setelah mereka setelah mereka menempuh program teori selama 4 tahun hingga mendapat gelar S. Kep yang kemudian dilanjutkan dengan program profesi selama 1 tahun di rumah sakit hingga lulus dan mendapatkan gelar Ners.
Sumpah Ners yang dilaksanakan oleh PSIK yang terakreditasi C dengan nomor : 014/ BAN-PT/ AK-III/ SL/ VIII/ 2007, sekaligus mendapat kepercayaan untuk mengelola dana Hibah Kompetisi A-1 dari DIKTI 2005/2006 tersebut selalu diiringi Continuing Nursing Education ( CNE ), yaitu sebuah Seminar Nasional Keperawatan yang selalu membawa tema- tema hangat yang sedang berkembang di dunia kesehatan.
Sementara itu, Dr. H. Erwin Santosa, Sp.A., M.Kes (Dekan FK UMY) dalam sambutannya mengharapkan bahwa Ners yang melaksanakan Sumpahnya kali ini bisa menjadi seorang Ners yang profesional sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal dalam mengembangkan ilmu keperawatan secara Islami. Hal ini menurutnya menjadi tantangan besar bagi para Ners untuk dapat bersaing di dunia Internasional di era Globalisasi yang semakin maju seiring dengan perkembangan ilmu keperawatan yang semakin pesat.
Masih menurut Erwin, PSIK FK UMY akan selalu berupaya mencetak lulusan yang mempunyai daya saing dalam menjawab tuntutan pasar, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Beberapa langkah yang dilakukan, diantaranya adalah revitalisasi kurikulum dan pengembangan program yang relevan dengan kebutuhan pasar, pengembangan konseptual teaching. Peningkatkan teknologi dalam pembelajaran, serta melakukan kerjasama dengan institusi Pendidikan dan Pelayangan baik di dalam maupun di luar negeri, seperti Singapore Volunteer Overseas ( SVO ), Angeles University ( Philippina ), dan KHonkhen University ( Thailand ).
Acara ini yang dihadiri oleh para presidium yang meliputi Rektor, Dekan, PPNI, dan DIKTI. Selain itu juga para undangan yang meliputi orang tua Ners, Dosen PSIK UMY, Dosen pembimbing dari beberapa Rumah Sakit tempat para Ners melaksanakan profesinya, dan beberapa perwakilan institusi kesehatan meliputi RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSUD Saras Husada Purworejo, RSUD Temanggung, RSJ Magelang, Puskesmas Tegalrejo, Puskesmas Kasihan I, PSTW Budi Luhur Kasongan. ( SANTOS )

No comments: