Tuesday, June 5, 2007

ISU AKAN TERJADINYA GEMPA, TIDAK BENAR

( Yogyakarta ) Badan Meteorologi dangeofisika Yogyakarta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu resah dengan adanya isyu akan terjadinya gempa besar pada tanggal 7 Juni 2007. Sebab sampai saat ini belum ada satu negara pun yang mempunyai alat untuk mendeteksi akan terjadinya gempa. Hal ini dikatakan Tiar Prasetyo, Kepala Seksi Data dan Informasi BMG Yogyakarta.

Akhir - akhir ini masyarakat Yogyakarta diresahkan dengan adanya isyu yang beredar melalui pesan singkat atau SMS akan terjadinya Gempa besar tanggal 7 Juni 2007. Dalam pesan singkat tersebut dikatakan berdasarkan berita dari CNN akan terjadi gempa pada tanggal 7 Juni 2007. Isyu tersebut dengan cepat menyebar di kalangan masyarakat. Masyarakat yang masih trauma terhadap gempa 27 Mei 2006, merasa khawatir peristiwa gempa mei terulang lagi.

Tiar Prasetyo, dengan tegas menyatakan isyu tersebut sama sekali tidak benar, masyarakat tidak perlu resah. " isyu tersebut tidak benar, karena sampai saat ini belum ada alat yang dapat mendeteksi akan datangnya gempa" ujar Tiar. Kemungkinan terjadinya gempa besar sangat kecil, demikian juga tsunami. oleh karena itu masyarakat tidak perlu resah.

Sementara itu saat dikonfirmasi akan terjadinya Tsunami, Tiar mengatakan, isu tsunami juga tidak benar. memang untuk gelombang di laut selatan, dalam beberapa hari terakhir ini cukup besar dengan ketinggian gelombang mencapai 2 meter. Para nelayan diminta untuk waspada. Namun Tiar yakin, para Nelayan sudah hapal betul dengan kondisi laut selatan. meski tinggi gelombang mencapai 2 meter para nelayan tetap melaut. ( Santos Jogja )

No comments: