Tuesday, June 26, 2007

MASYARAKAT YOGYAKARTA JANGAN TERPENGARUH ISYU TSUNAMI

Santos - Yogyakarta, Masyarakat diminta tidak terlalu panik dan terpengaruh isu tsunami dengan terjadinya gempa di Samudera Indonesia atau di Laut Selatan Jawa akhir-akhir ini.
Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) akan segera memberi peringatan jika ada gempa yang berpotensi tsunami. Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Data dan Informasi BMG Yogyakarta, Tiar Prasetya kepada Santos di kantornya, Rabu (26/6).
"Kalau pun ada gempa diatas 6,5 SR dan berpotensi tsunami, baik diminta maupun tidak diminta BMG akan langsung membeberkannya kepada masyarakat," ungkapnya.
Tiar mengungkapkan, gempa tersebut merupakan hasil tumbukan antara lempeng Indo-Australia dengan Eurasia. Meski demikian, masyarakat diminta tidak khawatir, apalagi terpengaruh dengan isu tsunami.

Menurutnya, gempa hasil pergerakan lempeng Indo-Australia itu waktunya hampir bersamaan karena kekuatan yang ditimbulkan hampir sama, sehingga yang tidak kuat akan patah. Kecuali, jika wilayah tersebut berada di atas lempeng Indo-Australia.
Oleh karena itu, Tiar mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh oleh isu tsunami tersebut. Namun jika masyarakat memperoleh informasi yang meragukan maka diminta memastikannya ke BMG. (Santos )

No comments: