Saturday, August 4, 2007

VIDEO KLIP INDONESIA RAYA BUATAN TAHUN 1944 DITEMUKAN

YOGYAKARTA- Pakar telematika Roy Suryo bersama tim relawan IT Air Putih berhasil menemukan viedo lagu kebangsaaan Indonesia Raya dari sebuah server belanda yakni perpustakaan Leiden Belanda. Proses penemuannya pun tanpa sengaja, yakni ketika mencari foto - foto tentang sejarah Indonesia melihat ada kata INDONESIA RAJA dan setelah dibuka berupa video klip lagu kebangsaan Indonesia Raya yang selama dicari dan belum dimiliki Arsip Nasional. Video klip tersebut dibuat pada bulan September 1944 oleh sebuah badan bentukan Jepang.

Setelah berhasil menemukan rekaman klip film lagu Indonesia Raya versi asli tiga stanza di server Belanda, pakar telematika, Roy Suryo dan tim Air Putih (relawatan IT -red) mengaku masih mencari rekaman lagu Indonesia Raya yang diproduksi tahun 1932.

"Menurut keluarga WR Soepratman dan beberapa ahli sejarah, lagu Indonesia Raya pernah direkam pada 1932 dengan piringan hitam. Isinya juga masih utuh tiga stanza. Di kantor Arsip Nasional, rekaman itu juga tidak ada sehingga ini menjadi tantang kami untuk melacaknya," kata Roy Suryo saat menunjukkan film lagu Indonesia Raya yang diproduksi September 1944.

Dijelaskan, lagu Indonesia Raya yang direkam pada 1932 dengan piringan hitam hanya berupa rekaman suara. Menurut Oerip Soedarman (keponakan WR Soepratman -red), kata Roy, rekaman lagu tersebut juga utuh sesuai aslinya sepanjang tiga stanza atau tiga bagian.Jika rekaman itu ditemukan, kata Roy, maka akan semakin melengkapi arsip lagu Indonesia Raya yang asli. Pasalnya, lanjut Roy, dokumen yang baru saja ditemukan berupa klip video yang diproduksi tahun 1944 atau 11 bulan sebelum proklamasi 17 Agustus 1945. Seperti diberitakan, Roy Suryo dan tim Air Putih berhasil menemukan rekaman klip video Indonesia Raya versi asli tiga stanza. Dalam dokumen yang belum dimiliki Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) itu, lagu Indonesia masih utuh sepanjang tiga bagian. Sementara lagu Indonesia Raya yang ada sekarang ini, kata Roy, hanya sepertiganya atau hanya satu stanza. ( Santos )

No comments: