Tuesday, August 21, 2007

TINGkat KONSUMSI IKAN WARGA YOGYAKARTA SANGAT RENDAH

Tingkat konsumsi ikan perkapita masyarakat DIY masih sangat rendah. Pada tahun 2006 hanyai 15,3 kg perkapita per tahun jauh dibawah tingkat konsumsi ikan perkapita nasional yang mencapai 26,2 Kg perkapita per tahun. Demikian dikatakan Sudiyanto Plt Kepala dinas Perikanan dan kelautan DIY usai membuka acara gemar makan ikan di Balai bakti wana yasa.

Lebih lanjut Sudiyanto mengatakan karena dibanding dengan tingkat konsumsi ikan secara nasional, DIY masih rendah maka saat ini tengah digencarkan gerakan Gemar makan Ikan. Diharapkan dengan adanya gerakan gemar makan ikan maka kedepan tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan akan meningkat. Sebab telah kita ketahui bahwa Ikan mengandung protein sangat tinggi sehingga dapat memberikan kecerdasaan kepada anak – anak.

" Tingkat konsumsi ikan masyarakat Yogyakarta masih sangat rendah, oleh karena itu kami terus melakukan gerakan makan ikan " ujar Sudiyanto

Adapun upaya lain yang akan dilakukan untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Yogyakarta yakni dengan mengadakan lomba masak Ikan dari tingkat kecamatan hingga tingkat Propinsi. Selain itu juga meningkatkan hasil budi daya ikan tangkap. ( santos )

No comments: