Monday, August 6, 2007

KEKERINGAN DI GUNUNG KIDUL MAKIN MELUAS

( Gunungkidul ) Kekeringan di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta makin meluas. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sudah mulai melakukan dropping air gratis untuk warga miskin. Di Kecamatan Saptosari Gunung Kidul sudah mulai melakukan dropping air bersih sejak tanggal 1 agustus 2007.

Mujiyono, Camat Kecamatan saptosari Gunung Kidul mengatakan hampir separoh warganya mengalami krisis air bersih. Dari 7 ribu KK di Kecamatan tersebut, sebanyak 3198 KK mengalami krisis air bersih da sebagian besar adalah dari Keluarga miskin. Oleh karena pihaknya memprioritaskan terhadap keluarga miskin yang diberi air bersih gratis.

" Kita prioritaskan keluarga miskin dulu yang tidak terjangkau PDAM. Mulai tanggal 1 agustus 2007 sudah kita susun jadwal dropping di 7 desa yang ada di Kecamatan saptosari Gunung Kidul" ujar Mujiyono.

lebih lanjut Mujiyono mengungkapkan pada puncak musim kering diperkirakan separoh lebih warganya mengalami krisis air. Untuk mengatasi masalah tersebut kecamatan saptosari akan mendapatkan dana untuk dropping air bersih sebesar 71 juta rupiah. Dana sebesar itu digunakan untuk dropping air bersih hingga Desember 2007 mendatang. Perharinya, pemerintah kecamatan saptosari melakukan dropping air bersih sebanyak 6 sampai dengan 7 kali. satu kali dropping menghabiskan dana 300 ribu rupiah.

Sementara itu, Gatot staf dinas informasi Pemerintah Kabupatena Gunung Kidul mengatakan, beberapa waktu yang lalu Sekretaris Daerah pemerintah Kabupaten Gunung Kidul melakukan safarai dropping air bersih. ( Santos )

No comments: